Kolam Gusi Buatan Tiga Siswi SMAN 1 Lamongan Menyehatkan

Melimpahnya biji buah lamtoro dan buah trembesi di Lamongan yang berjatuhan menjadi inspirasi tiga siswi SMAN 1 Lamongan.

Mereka berinovasi dengan memanfaatkan buah dua tanaman itu menjadi secangkir minuman nan nikmat dan menyehatkan. Biji buah lamtoro dan trembesi ini diolah menjadi minuman yang disebut Kopi Lamtoro Gula Trembesi atau disingkat Kolam Gusi.

Tiga siswi itu yakni, Annisa Quratuayuna, Dwi Alfianita Jannah dan Anindiya Rahmadani Agam. Salah seorang siswi, Annisa menuturkan di Lamongan biji buah-buah tersebut tidak banyak dimanfaatkan warga selain dijadikan camilan dengan cara digoreng.

“Karena jarang dimanfaatkan, biji buah lamtoro dan trembesi ini hanya menjadi sampah dan berakhir menjadi humus tanah saja,” tuturnya.

Produk yang diberi nama Kolam Gusi ini bermula dari biji lamtoro dijadikan bubuk kopi, sedangkan biji trembesi dijadikan gulanya. “Dari biji trembesi dan lamtoro ini kami ingin sekaligus membuat produk yang digemari dan juga tidak mengganggu kesehatan,” ujarnya.

Cara membuatnya, menurut Annisa, terbilang cukup mudah. Biji lamtoro yang kering diambil dan dikupas untuk diambil bijinya, setelah itu disangrai dan ditumbuk hingga halus. Untuk pembuatan gula yang berasal dari buah trembesi, aku Annisa, sedikit rumit dan membutuhkan proses yang lama. Sebab harus melalui dua kali tahap perebusan hingga bisa menjadi gula.

“Rebusan pertama trembesi yang sudah dikupas lalu disaring, air hasil rebusan pertama direbus kembali hingga mengental. Setelah mengeras dibiarkan sampai dingin, lalu dikeruk,” jelas Annisa.

Menurut mereka, minuman ini cukup menyehatkan tubuh. Sebab minuman ini tidak menyebabkan hipertensi dan diabetes bagi penikmatnya.

“Kalau untuk kopi biasa sekarang penikmat kopi dibatasi karena banyak mengkonsumsi gula, maka kopi lamtoro dan trembesi ini sangat aman,” tuturnya.

Atas inovasi Kolam Gusi yang sudah menjadi produk rumahan ini, mengantarkan ketiga siswa ini menyabet dua penghargaan. Dua penghargaan yang berhasil mereka raih adalah UI Chemistry Fair dan Undip Chemistry Competition. “Bersyukur olahan ini sudah menyabet 2 penghargaan,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *